Kacang Panjang Masak Kuah Pedas Spesial

Cara mengolah sayur kacang panjang menjadi masakan yang enak serta berbeda dari biasanya bisa dilakukan dengan menambahkan kuah air. Sayuran jenis kacang-kacangan ini memang banyak diminati karena teksturnya yang gurih serta bentuknya yang memanjang sehingga banyak variasi penyajian.

Apalagi jika dimasak bersama wortel, terong, dan ditaburi bawang goreng saat disajikan. Wuihhhhh....... pastinya sudah terbayang sedapnya.

Masakan kacang panjang kuah pedas

Olahan sayur kacang panjang dengan kuah spesial


Berkat kandungan serat tinggi di dalamnya, sayur kacang panjang bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Hal ini erat kaitannya dengan mengatasi masalah susah buang air besar (BAB). Ada juga kandungan betakaroten, fosfor, dan kalsium yang berguna untuk memelihara kekuatan tulang, mencegah pengeroposan tulang, serta membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Tentu anda sudah pernah memasak tumis kacang panjang dan sudah pula merasakan tekstur renyah sayuran jenis polong ini. Namun bagi penderita gangguan asam urat, olahan kacang panjang sering kali dihindari karena adanya zat purin yaitu zat yang akan diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Akan tetapi anda harus tahu bahwa kandungan purin dalam kacang panjang tidak terlalu tinggi (sedang-sedang saja).

Artinya, jika memasak kacang panjang bersama bahan sayuran lain maka asupan zat purin menjadi terbatas, sehingga aman bagi penderita gangguan asam urat.


Resep Kacang Panjang Masak Kuah
Oleh : Ahlun Naja
 
Resep Masakan Kacang Panjang Masak Kuah
Persiapan
15 menit
Pengolahan
20 menit
 
Resep untuk : 4 porsi
Bahan-bahan :
500 ml air bersih 300 gram kacang panjang 100 gram wortel 1 buah terong ungu 5 buah cabai rawit 10 cm pangkal batang serai 2 lembar daun salam 4 lembar daun jeruk 2 sdm bawang merah goreng
Bumbu halus :
8 butir bawang merah 3 siung bawang putih 2 buah cabai merah 1 cm lengkuas, iris-iris 1 cm kencur 2 cm kunyit, bakar 5 butir merica 2 sdt gula merah iris 2 sdt garam
Cara membuat :
Masak air hingga mendidih. Masukkan bumbu halus, serai yang sudah dimemarkan, daun salam, dan daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya. Didihkan selama 5 menit hingga bumbu tidak berbau lagi. Ambil kacang panjang lalu potong ukuran 3 cm, wortel dikupas lalu belah menjadi 6 bagian, terong dipotong melintang. Masukkan ke dalam rebusan bumbu, tambahkan cabai rawit utuh. Masak hingga mendidih kembali dan sayuran lunak, angkat. Taruh sayuran panas dalam mangkuk, taburi bawang merah goreng. Sajikan.
Catatan :
Jika memungkinkan, pilih bahan sayur yang masih segar agar kandungan vitamin, mineral maupun zat gizi di dalamnya bisa didapatkan secara maksimal.

Mari berbagi :

tweet
Author
Resep Sayur Sedap, Updated at: 14.20

Tidak ada komentar:

Resep terkait di katagori :